Spread the love

Kenapa Like dan Comment Instagram Secara Alami Penting Sekarang Ini

Hayo ngaku siapa yang ngerasa jumlah like instagramnya turun, cuman dapet dikit ataupun menurun akhir- akhir ini? Tentu banyak

Kok judulnya ditulis begitu?

Belum lama ini instagram telah mempraktikkan pergantian algoritma terkini kepada penggunanya. Algoritmanya pinter lagi. Yang sebelumnya bersumber pada waktu kronlogi kesimpulannya artikel diatur bersumber pada algoritma instagram.

Menurut Buffer (salah satu periset di dunia internet), mereka bilang terdapat 7 aspek utama yang mempengaruhi dalam metode kerja algoritma Instagram, ialah Engagement, Relevancy, Relationships, Timeliness, Profile searches, Direct shares serta Time spent. 

Nah saya akan coba bahas dari sisi engagement ya yang merupakan bentuk dari respon, reaksi,interaksi, dan keterlibatan di Instagram (ini semua dari sisi sosialnya sudah mulai kelihatan).

Jadi sewaktu kita posting gambar di Instagram, maka saat itu cuma kurang lebih 10% dari pengikut kita yang dapat info atau melihat dari artikel atau postingan tersebut. Bila artikel tersebut CEPAT MENDAPATKAN RESPON dari followernya (artinya likes mau pun komen) hingga Instagram akan melihat melalui algoritmanya jika konten tersebut layak disebarkan dilebih dari 10%. Ini kaitannya sama exposure ( instagram exposure adalah kegiatan publikasi yang membuat sebuah akun instagram dikenal oleh banyak orang).

Kita akan bahas tentang like dan komen ya.

LIKE

Variabel like jadi POIN EVALUASI instagram terhadap suatu artikel. Reaksi JUMLAH like yang BANYAK serta CEPAT DIPEROLEH ( kecepatan memperoleh like) oleh suatu artikel juga akan mempengaruhi apakah artikel kita tadi itu akan “dipublikasikan” lebih jauh oleh algoritma  instagram atau tidak. Apabila direspon dengan baik, maka postingan kita tersebut akan memiliki kesempatan dan peluang semakin besar dan semakin tinggi buat dilihat oleh lebih banyak follower/ orang lain.

Namun berapa jumlah serta seberapa cepat memperoleh like itu ya bergantung dari beberapa aspek. Apalagi hitungan jumlah pasti  berapa like serta tingkatan cepatnya yang akan didapat supaya memiliki nilai baik di hadapan mata algoritma Instagram ini juga tidak ada yang bisa mengetahui secara persis.

 

KOMEN 

Jelas ini kaitannya terhadap reaksi komen di IG yang  bales balesan komen secara natural yang diinginkan oleh Instagram (jadi saling berbalas komen). Instagram kasih waktu 1 jam untuk kita buat ngasih reaksi atau respon dari pendapat/komentar audience yang masuk di artikel kita. Ini hendak jadi acuan evaluasi oleh Instrgram, apakah kita memiliki engagement yang baik dengan audience.

Bila lebih dari 1 jam pendapat yang masuk tadi tidak kita berikan tanggapan, Instagram akan menilai  artikel kita kurang layak di hadapannya yang dampaknya hendak kurangi tingkatan exposure artikel.

Membalas pendapat yang masuk juga tidak sembarangan asal jawab lho. Instagram akan memperhitungkan juga bobot mutu dari balasan komen kita mulai dari berapa jumlah serta panjang kata, dan juga kemiripan kata per kata. Suatu tanggapan baru dihitung selaku engagement jika minimun berisi lebih dari 4 kata.

Jadi ….. Jauhi pelit balas komen yang pendek, jauhi kesamaan kata per kata dikala membalas komen, misal: bagus nih, thanks ya, danlain lain. Balasan komen yang sama persis, dihadapan Instagram akan dianggap sebagai sebuah  spam. Nah, jika telah begitu maka postingan kita kian jauh kehabisan prospek exposure.

Nah ….. Bayangin aja dalam waktu 1 jam, apa yang dapat diperbuat ataupun dicoba oleh pengelola akun?

Jadi, Instagram itu maunya terdapat KEHIDUPAN di akun instagram yang kita kelola dengan cara mendapatkan like serta comment secara natural. Instagram ingin akun serta artikel kita berguna serta layak untuk orang lain

Jadi ….. Perhatikan manfaat  LIKE dan COMMENT !

Jadi kedua ini merupakan fitur yang diilhami Instagram dari kehidupan kita sehari-hari. Jadi, ya kita berlaku selaku manusia serta memanusiakan audience instagram kita selayak mungkin dan kita harus bisa mempraktekkan hal ini. 

Instagram hanya merupakan alatnya,dimana  isi serta interaksinya senantiasa berjiwa MANUSIA. Namanya juga  media sosial, ya tentunya harus ada  interaksi sosial antar sesama penggunanya kan. Apalagi kalau akun kita adalah akun untuk berjualan. Kita harusfast respon.

Terima kasih ya sudah mau singah ke web ini dan baca artikelnya …….

Jika ada manfaatnya bagi teman2, bantu share ya.