Bedah Payudara | Trend Kesehatan Terkini

Kanker payudara telah menggeser kanker serviks selama beberapa tahun terakhir ini sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Kegalauan akan kehilangan payudara merupakan momok yang menakutkan bagi para penderita pasien payudara. Namin, dengan trend beda terkini, pasien masih tetap dapat mempertahankan payudaranya.

Biasanya bila seseorang wanita telah divonis menderita kanker payudara, merasa dunia ini seakan runtuh. Terbayang stamina yang turun drastis setelah menjalani kemoterapi atau radiasi, rasa ketakutan akan kehilangan organ sensual yang ada pada tubuhnya, atau kerontokan rambut, dan lain sebagainya.

Bedah payudara

Untuk diketahui, ada lebih dari 20 jenis kanker payudara yang masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menyembuhkannya. Bisa dengan diradiasi atau bisa juga dengan trend bedah payudara terkini di mana wanita tidak perlu takut kehilangan payudaranya. Kalau sebelumnya mengangkat seluruh payudara, maka kini cukup dengan hanya membuang tumornya saja tanpa mengubah bentuk payudara.

Menurut dr Alfiah Amiruddin MD MS, pengangkatan tumor dan seluruh jaringan payudara atau dikenal dengan “masektomi radikal” kini telah mulai ditinggalkan karena meninggalkan efek buruk secara kosmetik terhadap bentuk payudara. Tekhnik biopsi pun saat kini juga mulai mengalami kemajuan, karena tidak harus dilakukan di ruang operasi. Melalui tekhnik baru “core needle biopsy“, pasien tidak perlu rawat inap karena prosedurnya tidak lebih dari 10 menit. Metode ini dilakukan dengan cara menggunakan jarun tanpa harus melakukan operasi, sehingga tidak ada bekas luka, namun hanya ada bekas suntikan jarum saja yang kecil.

 Tekhnik lain yang juga dipergunakan adalah :

Baca juga :

Resiko Ketidakpastian Dalam Hidup

Jasa Produk Asuransi Jiwa di Jakarta

Menghilangkan Kandungan Formalin dalam Sabun Pencuci

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco